Cara Merawat Kucing Kampung dengan Baik dan Benar

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang paling banyak diminati banyak orang untuk dipelihara. Tingkah mereka yang lucu dan menggemaskan membuat siapa saja senang menjadikan hewan mamalia ini menjadi hewan peliharaan. Ditambah juga, kucing lebih suka bermain dan berada di rumah, sehingga tidak perlu mengajak mereka jalan-jalan layaknya memelihara anjing.

Kucing juga memiliki jenis dan ras yang berbeda, di antaranya ada kucing anggora, persia, hingga kucing lokal yang paling banyak ditemui yakni kucing kampung. Meskipun lebih banyak yang memilih memelihara jenis kucing ras, namun tidak sedikit juga yang jatuh cinta pada pesona kucing lokal ini.

Pada dasarnya, memelihara kucing kampung lebih mudah dan juga murah dari segi biaya yang dikeluarkan, dibanding kucing ras. Kucing kampung lebih mudah menerima segala jenis makanan dan tidak memerlukan terlalu banyak perawatan rumit yang juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit layaknya kucing ras. Namun, bukan berarti kucing kampung ini dapat dirawat dengan asal-asalan. Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam merawat kucing kampung ini, diantaranya:

1. Perhatikan Menu Makanan

Kucing kampung tidak harus dibelikan makanan di pet shop, karena beberapa kucing kampung justru dapat terganggu pencernaannya apabila mengonsumsi makanan yang banyak mengandung pengawet dan pewarna.

Siapkan saja ikan kukus sebagai makanan yang bisa memberikannya banyak protein. Protein ini tentunya akan membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mendukung pertumbuhan badannya. Tambahkan pula nasi sebagai penyumbang gula untuk memberinya banyak energi tambahan.



2. Perhatikan Minum yang Diberikan

Sama halnya dengan makanan, minum yang diberikan untuk kucing kampung juga harus diperhatikan. Anda bisa memberinya air putih yang dipastikan bahwa kebersihannya terjaga agar tidak mengganggu sistem pencernaannya. Anda juga bisa memberinya susu khusus kucing untuk mendukung pertumbuhan badannya. Hindari pemberian susu sapi karena protein susu sapi sulit dicerna tubuh kucing.



3. Mandikan Seminggu Sekali Secara Rutin

Meskipun dari golongan kucing kampung, bukan berarti jenis kucing ini tidak perlu dimandikan. Justru, dengan memandikannya secara teratur dapat menjaga bulu kucing kampung agar tetap sehat dan lebat.

Sebelum memandikannya, sisir terlebih dahulu bulu kucing dengan lembut agar bulu-bulu matinya rontok dan bersihkan telingan dengan kapas yang diberi air dengan hati-hati. Setelah itu, mintalah bantuan orang lain untuk memegang kucing tersebut saat kita memandikannya, karena biasanya kucing akan berontak. Kemudian, berikan sampo pada bulu kucing dan gosok dengan lembut keseluruh badan, namun hindari bagian telinga dan wajah si kucing. Jika bulu kucing dirasa sudah bersih, bilas dengan air bersih hingga seluruh busa samponya hilang. Selanjutnya, keringkan dengan handuk kering yang bersih.


Begitulah kurang lebih beberapa cara merawat kucing kampung dengan baik dan benar. Meskipun kucing kampung tidak seperti kucing ras yang rumit perawatannya, namun jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini